-->

Cara Mudah Menangani Kucing Muntah

- July 16, 2018

Kucing muntah disebabkan oleh berbagai hal. Jadi kalaupun kucing muntah, kita tidak bisa menyimpulkan penyebabnya secara langsung. Karena ada beberapa hal yang menjadi penyebab kucing muntah. Beberapa diantaranya adalah:
  • Disebabkan oleh Virus Panleukopenia.
Virus ini cukup berbahaya karena bisa mengakibatkan kucing muntah dan mencret. Muntah kucing juga bisa berupa cairan kuning karena virus ini.
  • Disebabkan oleh Muntah bulu
Muntah bulu (Hairballs) menjadi hal yang umum yang menyebabkan kucingmu muntah. Biasanya kalau bulu mati pada kucing akan tertelan saat kucing menjilati badan ataupun setelah self grooming  dimana bulu bisa nyangkut di lidah kucing setelah menjilati bulu. Kalau udah terlanjur dan terus menerus, bulu kucing tersebut akan semakin banyak sehingga ruang untuk makanan yang sebenarnya jadi kurang.

Dan bisa dipastikan gak lama kemudian kucing akan memuntahkan makanannya.
  •  Karena Bosan dengan makanan

Makanan si kucing bisa saja menjadi penyebab kucing muntah. Ada beberapa kasus yang menyebabkan kucing muntah karena makanan, misal dia mengkonsumsi makanan berlebihan sehingga dia kekenyangan. Akibatnya kucing tidak mau makan, dan bisa memuntahkan makanannya. 
  • Karena Alergi dengan makanan
Alergi makan merupakan penyebab yang sangat umum dalam kucing muntah, dan jangan disepelekan karena alergi itu berkepanjangan. Kamu harus cermat dalam memilih makanan kucing yang bagus ya.
  • Karena Kucing hamil
Kucing Hamil Bisa Menjadi Penyebab Kucing Muntah. Penyebab kucing muntah yang ke 4 ialah hamil. Manusia pada saat hamil juga biasanya mengalami muntah-muntah kan? Kasusnya hampir sama dimana pada kucing, salah satu ciri-ciri kucing hamil yaitu muntah. Muntah ini disebabkan karena hormon esterogen yang meningkat membuat cairan asam lambung dalam perut si kucing ikut meningkat. Kemudian jikalau sesudah makan, dia akan mual dan bisa muntah.
  •  Karena Keracunan
Bahaya banget ya kalau kucing keracunan dan terancam hidupnya. Kalau kita punya kucing yang sering dibebaskan bermain diluar bisa ada kesempatan seperti ini. Misal saja kucing yang haus tapi kita gak sediakan air minum, terus dia nyari dan ketemu tapi ternyata itu air bekas cucian baju. Kalau diminum, bisa bisa kucing muntah berbusa putih. Bahaya!
  • Karena Parasit
Parasit paling sering menjadi penyebab kucing muntah. Biasanya parasit bisa masuk ke tubuh kucing lewat makanan dan juga lewat bulu saat dia bermain di luar rumah.
  • Karena Makan benda asing
Seperti plastik, kertas, mainan dan apapun yang sebenarnya gak bisa dimakan. Kita juga gak bisa menyalahkan kucing begitu saja karena mereka memang hobby untuk menggigit sesuatu.
  • Karena Penyakit
Ada beberapa jenis penyakit muntah yang bisa dialam oleh kucing kita seperti :
  1. Muntah cairan kuning – Selain disebabkan oleh virus pada no.2 tadi, ternyata muntah yang satu ini bisa juga karena penyakit hati pada kucing.
  2. Muntah berdarah – Kucing bisa muntah disertai dengan darah. Yang pertama jika muntah darah berawarna coklat gelap biasanya karena masalah pada usus. Kalau darah cerah segar itu karena ada luka di dalam saluran pencernaan si kucing.
  3. Muntah berlendir – Peradangan usus menjadi penyebab lendir berwarna kuning keluar lewat muntahan si kucing.
  4. Muntah cairan empedu – Pernah denger radan pangkreas? Radang pangkreas disebut juga dengan inflasi usus. Karena penyakit ini biasanya kucing kamu bisa muntah mengeluarkan cairan empedu berwarna hijau tua.

  •  Karena toksin dan obat-obatan
Karena pengaruh obat-obatan teretentu atau racun. Misalnya kalau kamu menyemprotkan obat anti nyamuk ke bagian tertentu di rumah, dan kucing menjilatnya. Beberapa obat seperti aspirin, acetaminofen, ibuprofen dan amfetamin juga tidak bagus untuk kucing karena bisa menyebabkan kucing muntah.
  • Karena Keturunan: Ada beberapa kasus ditemukan bahwa kucing yang muntah-muntah disebabkan karena keturunan biologisnya lho.
  • Karena Selesai operasi
Kucing sesudah operasi bisa merasa pusing bahkan muntah. Kalau seperti ini usahakan agar mengistirahatkan si kucing ya.
  • Infeksi
Salah satu penyebab yang paling umum untuk kucing muntah ialah infeksi atau infeksi bronkial.
  • Benda asing lainnya
Selain bulu kucing, ada berbagai benda yang biasanya ditelan oleh kucing karena dikira makananya.

Seperti kerikil dan berbagai benda lain yang sekiranya muat untuk dimasukan ke dalam mulut si kucing.
  • Karena Nutrisi diet yang buruk
Banyak orang yang memberikan makanan dengan kualias rendah saat melakukan program diet untuk kucing. Biasanya orang memberikan makanan dengan protein untuk diet kucing, namun banyak makanan yang tidak terpercaya. Makanan terseput bisa saja terdiri dari bahan seperti sisa makanan ternak, kulit binatang dan lain sebagainya. Berbahaya dan tidak direkomendasikan pokoknya.
  • Cara mengobati kucing muntah
Kucingmu sudah menunjukkan muntah-muntah selama lebih dari sehari atau menunjukkan seperti muntah dikarenakan penyakit yang sudah disebutkan di atas segera minta bantuan dokter hewan atau medis.  Kalau kamu sudah mencoba mengobati kucing muntah seperti cara yang bersifat normal dan belum berhasil juga, lebih baik gak usah neko-neko. Jangan sampai terlambat. Semoga artikel ini bermanfaat dan paham tentang cara mengobati kucing muntah.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search