-->

Waktu Terbaik untuk Menyapih Kucing

- February 23, 2013
Kapan waktu terbaik menyapih anak kucing dari induknya?

Waktu terbaik menyapih anak kucing dari induknya adalah ketika anak kucing sudah berumur 12 minggu. Penelitian menunjukkan setelah usia anak kucing menginjak 12 minggu, maka sistem pencernaan kucing tidak lagi bisa mencerna susu. Oleh karena itu sudah hukum alam jika kucing akan disapih oleh induknya dan diberi makanan yang lain.

Untuk menyapih ini, mungkin si induk kucing akan membutuhkan bantuan anda. So, pisahkan induk dan anaknya di ruang terpisah agar si kucing tidak "menyerudug" untuk menyusu lagi. Perlu anda ketahui juga bahwa air susu sang induk kucing baru akan berhenti mengalir setelah 10 hari dia menyapih anak-anaknya. So, jangan anda pikir karena ASI si kucing masih mengalir terus anda biarkan si anak kucing terus menyusu.

Mungkin pada awalnya hal ini akan terasa berat bagi si anak kucing. Namun nanti lama-lama juga mereka akan terbiasa untuk tidak menyusu lagi. Apalagi hukum alam sudah mengharuskan anak-anak kucing untuk tidak menyusu pada induknya lagi ketika sudah berusia 12 minggu dengan membuat sistem pencernaan si anak kucing tidak lagi mampu mencerna dengan baik air susu induknya.

Selama masa menyusui,
si induk kucing butuh asupan nutrisi yang baik dan cukup banyak. Hal ini dikarenakan si induk membutuhkan energi yang lebih banyak, tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk memproduksi susu bagi anak-anaknya.

Anda bisa memberi makanan si induk kucing dengan makanan anak kucing. Pada umumnya makanan untuk anak kucing memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan seimbang. So, makanan ini tidak hanya baik untuk anak kucing tetapi juga baik untuk si induk kucing yang tengah menyusui.

Memang ada sih, makanan kucing yang khusus untuk kucing induk. Namun harganya tentu berbeda dengan makanan kucing biasa. So, menurut saya yang paling mudah dan murah adalah memberi makan si induk kucing dengan makanan anak kucing.

Selain itu, anda juga bisa memberinya suplemen dan vitamin tambahan untuk si induk kucing. Namun menurut saya lebih baik jika anda tidak memberikan suplemen dan vitamin apapun, kecuali jika anda sudah berkonsultasi dengan dokter hewan anda. Saya takut nanti vitamin yang secara sembarangan anda berikan kepada si induk kucing akan mempengaruhi kualitas susu yang dihasilkannya.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search