-->

Penemu Pintu Kucing : Sir Isaac Newton

- February 24, 2013

Sir Isaac Newton (1642-1727) bukanlah nama yang asing lagi dalam sejarah perkembangan ilmu fisika. Dan ternyata ilmuwan yang terkenal karena hukum Newton-nya tersebut juga disebut-sebut sebagai penemu pintu kucing atau "catflap".

Bagi anda yang masih merasa asing dengan istilah "catflap", berikut akan saya jelaskan. Catflap adalah pintu kecil yang digunakan untuk keluar masuk kucing. Biasanya terdapat di bagian bawah pintu rumah, di dinding pagar ataupun tembok rumah.

Sir Isaac Newton disebut-sebut sebagai penemu catflap atau pintu kucing ini berdasarkan artikel yang diterbitkan pada sekitar tahun 1893 yang bunyinya kurang lebih sebagai berikut :
"Newton itu bodoh, membuat lubang besar untuk kucing yang besar dan membuat lubang kecil lainnya untuk anakan kucing. Apa dia tidak berpikir kalau anak-anak kucing tersebut pasti akan mengikuti induknya melalui lubang yang besar."
Kisah ini sebenarnya masih belum diketahui pasti kebenarannya. Terlebih lagi 2 orang yang menulis biografi tentang Sir Isaac Newton mengatakan kalau Newton tidak memelihara kucing ataupun anjing di ruangnya.

Namun bisa juga hal ini benar mengingat 60 tahun sebelumnya,
yaitu tahun 1827, tersebar juga berita yang sejenis yang mengatakan kalau di pintu rumah Newton terdapat dua buah lubang berukuran besar dan kecil yang digunakan untuk keluar-masuk induk kucing dan anak-anaknya.

Terlepas dari benar atau tidak cerita tersebut, yang pasti saat ini catflap menjadi begitu populer. Bahkan di Inggris kabarnya 74% rumah yang memelihara kucing memiliki pintu khusus kucing ini. Dan seiring berkembangnya jaman, bentuk dan teknologi yang digunakan untuk membuat catflap ini pun semakin beragam. Ada yang masih mekanik, ada yang elektrik, dan bahkan ada juga yang menggunakan sistem magnetik yang membuat hanya beberapa ekor kucing saja yang dapat mengakses pintu tersebut.


_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search