-->

Memberi Vaksin kepada Kucing Hamil

- February 22, 2013
Memberi vaksin induk kucing yang sedang hamil sebaiknya tidak anda lakukan. Namun memberi vaksin pada induk kucing yang tengah menyusui kebanyakan masih aman-aman saja. Sederhananya adalah, jangan melakukan vaksinasi kepada induk kucing yang sedang hamil!!!

Perlu anda ketahui jika fungsi vaksin adalah untuk melindungi kucing dengan menstimulan tubuh kucing untuk memproduksi antibodi agar semakin kuat dalam menangkal penyakit. Efektifitas vaksin ini baru akan maksimal setelah 1 minggu sampai 1 bulan setelah si kucing divaksin, tergantung dari umur kucing dan pernah atau belum si kucing divaksin sebelumnya.

Perlu anda ketahui juga bahwa antibodi yang diproduksi oleh si induk kucing dapat mengalir juga bersama susunya untuk melindungi anak kucing dari penyakit melalui susu pertamanya (colostrum). Namun bayi kucing hanya mampu menyerapnya dalam jumlah terbatas dan hanya dalam waktu beberapa jam saja setelah dia dilahirkan.

Jadi, vaksinasi untuk induk kucing yang sedang menyusui bisa dibilang
tidak akan menyakiti anaknya. Namun juga tidak akan membantu anak-anaknya memperoleh antibodi tambahan juga, karena si anak kucing tidak mampu menyerap antibodi yang terbawa dalam susu si induk selama masa menyusui.

Jalan terbaik sekaligus yang paling aman yang bisa anda ambil adalah melakukan vaksinasi pada kucing induk beberapa minggu sebelum dia anda kawinkan. Namun jika anda sama sekali tidak memiliki campur tangan dalam perkawinan si kucing atau anda tidak tahu menahu si kucing hamil atau tidak. Sebaiknya anda tidak memvaksinnya. Atau anda juga bisa memastikannya dengan menanyakan kepada dokter hewan anda beberapa saat sebelum divaksin agar tahu si kucing dalam masa hamil atau tidak.


_____Sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search