-->

Kucing Tabby

- February 22, 2013
Pengertian kucing Tabby bukanlah nama jenis atau ras kucing, melainkan nama pola warna bulu kucing yang belang-belang. Mudah untuk mengenalinya karena kebanyakan kucing jalanan memiliki pola warna bulu ini (lihat gambar di atas!). Tanpa saya jelaskan dengan rangkaian kata-kata, tentu anda sudah bisa mengingat pola warna tabby hanya dengan melihat gambar di atas bukan???
Terdapat 4 pola warna tabby yang dibedakan menurut pola lorengnya. Pola warna tersebut adalah :

Tabby Classic : Pola lorengnya terlihat jelas memanjang terutama jika dilihat dari bagian samping tubuh si kucing.
gambar kucing tabby classic
Tabby Classic

Tabby Mackerel : Kucing dengan pola bulu ini sering salah disebut sebagai kucing Tabby Classic, karena polanya memang sangat mirip. Hanya saja, corak lorengnya tidak melengkung panjang seperti Tabby Classic. Ada beberapa yang terputus dan pendek.
gambar kucing tabby mackerel
Tabby Mackerel

Tabby Spotted :
Pola bulu di badannya mungkin tidak lagi loreng, melainkan berbentuk tutul yang agak besar. Hanya saja masih terdampat pola warna melingkar di kaki si kucing. Selain itu tutul-tutulnya juga tidak rapi dan kecil kecil seperti kucing hutan. Kucing dengan pola warna ini banyak ditemui pada kucing-kucing jalanan yang suka makan ayam ternak di desa.
gambar kucing tabby spotted
Tabby Spotted

Tabby Agouti (ticked) : Pola warnanya loreng, tetapi tipis. Tidak tampak sejelas Tabby Classic, tetapi tetap terlihat loreng. Akan terlihat semakin jelas pola lorengnya ketika berada di bawah sinar matahari.
gambar kucing tabby agouti
Tabby Agouti (ticked)

Terkadang pola warna tabby ini berkombinasi dengan pola warna Tortoiseshell dan pola warna Calico. Kalau yang bercampur dengan pola warna tortiseshell, maka disebut Torby. Sedangkan yang bercampur dengan warna calico disebut Caliby.


_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search