-->

Kucing Peaknose

- February 23, 2013
gambar kucing peaknose

Kucing peaknose sebenarnya merupakan sebutan untuk jenis kucing Persia dengan hidung yang peseknya ekstrim. Entah darimana asalnya di Indonesia bisa muncul kata "Peaknose" ini, karena sebenarnya menurut standar penamaan kucing persia itu, berdasarkan bentuk wajahnya kucing persia terbagi menjadi Peke-face Persian dan Doll Face Persian.

Doll face Persian itu yang memiliki wajah normal dengan hidung yang masih agak mancung. Sedangkan peke-face persian itu yang memiliki bentuk wajah flat dengan bentuk hidung yang sangat pesek sekali dengan kerutan di atas hidungnya.

Awalnya saya sendiri juga bingung kucing peaknose itu kucing apa sebenarnya. Namun setelah saya berusaha meneliti lebih jauh, sepertinya yang dimaksud kucing peaknose adalah kucingpeke-face persian, karena hidungnya sama-sama pesek banget. Kucing Persia sendiri sudah dikembangkan menjadi berbagai jenis kucing ras baru. 

Persia peke-face sendiri merupakan varian dari kucing Persia yang pertama muncul
dan dikembangkan di Amerika Serikat. Bentuk wajahnya sangat berbeda dengan kucing Persia yang reguler. Bentuk wajah kucing ini unik dengan kerutan di atas hidung yang nyaris membuatnya terlihat tidak punya hidung, dan mata yang melotot seperti alien.

Mungkin penampilannya memang lucu dan menggemaskan. Lebih menggemaskan malahan jika dibandingkan dengan kucing Persia biasa. Namun perlu anda ketahui juga bahwa "kucing peaknose" ini rentan terkena gangguan kesehatan.

Layaknya kebanyakan kucing Persia, kucing ini rawan terkena gangguan pada sinus dan saluran air mata, sehingga mereka akan sering "menangis". Bahayanya berlipat karena hidungnya yang sangat pesek dapat tertutup air mata tersebut dan pernafasannya terganggu. Dengan kelainan tersebut, resiko kematian pada anak kucing peaknose cenderung lebih tinggi.

Yang paling mudah yang bisa anda lakukan untuk mengurangi resiko ini adalah dengan sering-sering membersihkan air mata si kucing dengan menggunakan tisu agar jangan sampai mengering menutupi saluran pernafasan si kucing peaknose ini..


_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search