-->

Kucing Devon Rex

- February 21, 2013

Sejarah Devon Rex 

Ayah dari perkembang biakan Devon Rex ialah kucing liar dengan bulu keriting berlapis, hidup di sekitar tambang timah dekat Devonshire, Inggris. Dia dikawinkan dengan kucing betina belacu dengan bulu lurus yang menghasilkan anak kucing di taman kucing Beryl Cox pelamun. Salah satu anak kucing, jantan berwarna hitam kecoklatan yang berada di Beryl Cox bernama Kirlee, memiliki ukuran tubuh pendek sama, mantel keriting seperti ayahnya. Para peternak berpikir bahwa betina belacu dan jantan keriting harus saling terkait, karena gen Devon Rex yang mengatur bulu mantel keriting adalah resesif dan harus muncul pada keturunannya.

Pada awalnya, Kirlee dianggap berhubungan dengan kucing Cornish Rex. Perkawinan berikutnya antara Kirlee dan kucing Cornish Rex yang berasal dari peternak Brian Stirling-Webb, mengakibatkan hanya menghasilkan keturunan dengan bulu lurus berlapis, dan menjadi jelas bahwa meskipun Kirlee memiliki rambut keriting, namun gen baru Rex telah ditemukan.

Cox dan Webb menyimpulkan bahwa dua keturunan tidak berhubungan. Nama Devon Rex diadopsi untuk generasi kucing yang baru, dan program penangkaran tetap dilanjutkan sampai hari ini. Peternak Devon Rex telah mempertahankan tampilan asli dari Devon Rex, semua Devon Rex harus dapat melacak nenek moyang mereka sampai ke Kirlee, Devon Rex pertama.

Penampilan Devon Rex

Devon Rex adalah jenis kucing yang unik. Dengan karakteristik memiliki mata besar, moncong pendek, tulang pipi menonjol, kumis keriting dan besar, menciptakan tampilan seperti peri yang khas.

Devon Rex betina memiliki berat rata-rata 2-3 kilogram saat dewasa, dan jantan memiliki berat rata-rata 3-4 kg. Walaupun mungkin terlihat rapuh, Devon Rex adalah jenis kucing solid, kuat, dan lincah dan sangat berotot.

Fitur lain yang mencolok dari Devon Rex adalah pada bulu mantel, yang sangat bervariasi antara satu dengan yang lainnya. Devon Rex memiliki bulu mantel pendek dengan bulu sedikit bergelombang. 

Bulu mantel Devon Rex bagian luar biasanya tipis dan akan rontok satu kali atau lebih selama setahun. Umumnya anak kucing Devon Rex lahir dengan bulu mantel keriting yang bagus, dan akan mempertahankan bulu mantel keriting ini sampai menjadi kucing dewasa.


_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search