-->

Kucing Brazilian Shorthair

- February 24, 2013
Mengenal Kucing Brazilian Shorthair

Kucing Brazilian Shorthair merupakan jenis kucing berbadan medium dan sangat lincah. Ras kucing ini memiliki penampilan yang ramping dan elegan, tidak sebulat kucing American Shorthair, tetapi tidak juga sekurus kucing Siam

Kucing ras ini memiliki bentuk tubuh memanjang. Ukuran tubuh kucing jantan cenderung lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuh kucing betinanya. Bulu kucing Brazilian Shorthair ini termasuk jenis bulu pendek dengan berbagai variasi warna dan pola. Tatapan matanya memancarkan ekspresi dramatis.

Awal terbentuknya ras kucing ini terjadi ketika seorang enginer yang bernama Paulo Samuel Ruschi yang juga merupakan seorang breeder kucing, pendiri Cat Federation yang pertama di Brasil, serta pendiri Cat Club pertama di Rio de Janeiro, mempunyai ide untuk mengubah kucing yang banyak ditemukan di jalanan Brasil menjadi kucing ras murni.

Kucing-kucing jalanan yang hidup di Brazil sebenarnya
adalah kucing-kucing yang dibawa oleh kapal-kapal Portugis dari Semenanjung Iberian ke Brasil sekitar tahun 1500-an. Mereka terus berkembang selama 500-an tahun di Brazil tanpa perawatan khusus hingga tahun 1980-an. Baru setelah tahun 1980-an Paulo Samuel Ruschi tertarik untuk memperjuangkan status kucing jalanan ini menjadi kucing domestik ras murni.

Dia pun membuat sebuah komisi dari Brasil bagian Utara hingga Selatan untuk mempelajari kucing-kucing jenis ini yang banyak berkeliaran di penjuru negeri. Setelah bertahun-tahun menjalankan program pembiakan yang dipimpin oleh breeder tradisional, akhirnya kucing Brazilian Shorthair diakui juga oleh World Cat Federation sebagai satu kucing ras murni pada tahun 1998. Dan sejak saat itu, kucing ras ini sudah boleh mengikuti show di seluruh dunia.

Pada kenyataanya kucing Brazilian Shorthair ini bukanlah jenis kucing jalanan pertama yang statusnya berubah menjadi kucing ras. Kucing American Shorthair, dan kucing American Keuda ternyata latar belakangnya juga sama dengan kucing Brazilian Shorthair ini.


_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search