-->

Fungsi Lidah Kucing (Papillae)

- February 23, 2013
kenapa lidah kucing kasar

Kalau anda memiliki seekor kucing, tentunya anda juga pernah dijilati kucing kesayangan anda tersebut. Karena itu tanda kalau dia sayang kepada anda. Nah, anda pasti bertanya-tanya kenapa lidah kucing terasa sangat kasar seperti amplas??? Jawabannya adalah sebagai berikut :

Lidah kucing memiliki fitur khusus yang disebut "papillae". Papillae merupakan sesuatu yang tumbuh di lidah yang menyerupai rambut. Pertumbuhannya melengkung ke dalam dan sangat kuat karena strukturnya terbentuk dari zat keratin, zat yang sama dengan yang terdapat pada kuku manusia.

Fungsi papillae ini bermacam-macam. Salah satunya adalah untuk "menyisir" bulu si kucing. Anda tentu sudah tidak asing dengan perilaku kucing yang suka menjilati bulunya sendiri bukan???

Fungsi lainnya adalah untuk mencengkeram makanan dan berburu. Selain taringnya yang kuat, mangsa yang sudah digigit si kucing akan sulit melepaskan diri karena jidah kucing juga ikut andil dalam hal ini. Bagi kucing liar, lidah kasar ini juga digunakan untuk "mengupas" daging mangsanya yang menempel di tulang. Sehingga tidak ada lagi daging yang tersisa di tulang mangsanya. Selain itu dengan lidah yang kasar ini, kucing dapat mengambil remah makanan yang kecil yang terjatuh di lantai.
Papillae ini juga berfungsi sebagai indera perasa bagi si kucing. So, kucing memiliki selera makanan yang lebih berasa daripada anjing.


_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search