-->

Trik Merawat Kucing Persia

- January 10, 2013


Merawat kucing Persia itu gampang-gampang susah. Terutama untuk masalah bulunya. Karena bulunya panjang dan lebat, kita jadi harus sering-sering memandikannya. Mungkin kita bisa melarang si kucing jalan-jalan di luar rumah agar bulu kucing tidak kotor. Namun saya rasa itu sudah cukup untuk disebut sebagai "merampas hak kebebasan seekor hewan".
Nah, oleh karena itu kami berusaha untuk meramu tips merawat kucing persia yang berdasar dari info-info yang didapat dari internet dan juga pengalaman saya sendiri yang dulu juga pernah memelihara kucing persia. Berikut ini adalah cara merawat kucing Persia yang berhasil kami susun :
  • Yang paling dasar adalah, rajin-rajin menyisir bulu si kucing. Bulu kucing persia sangat lebat dan panjang, serta kemampuan membersihkan bulunya sendiri juga pasti ada batasnya. So, setidaknya sekali sehari anda harus menyikat bulu kucing cantik ini.
  • Meski tiap hari disisir, setidaknya 2 minggu sekali kucing persia anda harus dimandikan, jika kucing anda selalu berada di dalam rumah. Namun jika kucing anda suka beraktifitas di luar rumah, mungkin anda perlu lebih sering memandikannya, Sekali seminggu lah paling tidak.
  • Dulu saya pikir hanya kucing persia saya saja yang "belekan", ternyata kebanyakan kucing persia memang punya masalah dengan matanya. So, jika melihat mata kucing sering mengeluarkan kotoran (terutama pada pagi hari) sebaiknya anda segera membersihkannya dengan tisu mata yang sesuai, karena jika tidak segera dibersihkan, kotoran mata yang jatuh ke area hidung dan mengering akan mengganggu sistem pernafasan si kucing pesek ini.
  • Meskipun kebanyakan kucing memang menyukai kebersihan, tetapi sepertinya kucing persia lah yang paling mengharapkan kebersihan. Anda harus rajin-rajin membersihkan kandangnya. Setidaknya setiap hari anda harus membersihkan kotak pasirnya dan mencuci kandangnya seminggu sekali. Sebaiknya anda meletakkan kandang si kucing di kamar tersendiri yang sinar matahari pagi atau sore dapat masuk, sehingga si kucing dapat sesekali berjemur.
  • Untuk makanannya, cukup beri kucing ini cat food saja. Konon kalau memberinya daging atau ikan justru akan mengganggu pertumbuhan bulunya. Selain itu, jangan sampai kucing kesayangan anda tersebut makan kecoa. 
  • Dan yang paling penting adalah jangan lupa melakukan vaksinasi kepada si kucing setelah si kucing berumur 3 bulan. Ikuti saja saran dokter tentang vaksinasi apa saja yang perlu dilakukan. Kalau dulu saya disarankan untuk melakukan vaksinasi sebanyak 3 kali dalam tahun pertama.
Memang terdengar sangat merepotkan memelihara kucing persia itu. Namun dengan perawatan yang tepat si kucing akan dapat hidup dengan lebih sehat dan panjang umur serta penampilannya akan selalu terlihat menawan.


_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search