-->

Tips Membersihkan Kandang Kucing

- January 10, 2013


Konsekuensi dari memelihara kucing adalah harus membersihkan kandang dan bersahabat dengan bau, tetapi sampai seberapa kita menjaga kebersihan kandang tempat si kucing bersarang mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatannya.

Tidak bisa dihindari bahwa aktivitas membersihkan kandang ini harus menjadi kegiatan rutin kita sebagai majikan alias orang tua asuh si kucing. Yah... setidaknya kita tidak malu jika ada tamu baik tetangga saudara atau teman yang berkunjung ke rumah kita, yang secara tidak sengaja melihat kandang tempat bersarang si kucing. Dan kita sebagai majikannya tidak akan dicap sebagai majikan yang jorok.

Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang tips membersihkan kandang :

  1. Bersihkan kandang kucing setiap hari, minimal sehari sekali.
  2. Semprot seluruh bagian kandang dengan air.
  3. Berikan cairan desinfektan pada setiap sisi kandang, dan sikat hingga bersih.
  4. Bilas dengan air kemudian keringkan.
  5. Jika melihat kucing anda membuang kotoran lekas segera bersihkan, karena kotoran yang terlalu lama mengendap dan bau akan mengurangi mood mereka untuk makan maupun beraktivitas.
  6. Pasir hendaknya setiap hari selalu diganti, minimal sehari sekali, karena kotoran kucing yang terlalu lama mengendap memicu timbulnya virus seperti toxoplasma dan menyerang pada kucing kesayangan kita.
  7. Pasir yang terkena kotoran kucing hendaknya dibuang, namun bagi pengguna pasir Zeolit atau pasir cuci yang merasa sayang untuk dibuang hendaknya pasir itu dicuci setelah dipakai, sebagai salah satu penanggulangan dari virus yang akan muncul.
  8. Tuangkan desinfektan dan kemudian cuci bersih, serta cuci bersih kotak pasirnya dengan desinfektan agar seluruh kuman yang menempel akan mati, dan kucing kita terbebas virus. (Baca juga cara mencuci pasir kucing)
  9. Jemur pasir dan kotaknya dibawah terik matahari, hingga benar-benar kering, hal ini dilakukan agar kuman yang tersisa hidup karena kebal desinfektan mati terkena panas matahari.
  10. Semprotkan parfum pengharum ruangan agar bau ruangan kembali harum.
  11. Kandang dan pasir kucing yang bersih siap digunakan kembali, semoga kesehatan kucing kita tetap terjaga.
Sumber

_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search