-->

Mengatur Jadwal dengan Kucing Anda

- November 20, 2012
kucing tidur

Seperti pada artikel sebelumnya, sebelum memelihara kucing anda harus memiliki beberapa komitmen, seperti kometmen waktu. Anak kucing suka sekali bermain. Kenyataannya, bermain merupakan bagian penting bagi kesehatan dan kesejahteraan anak kucing yang akan menjadikan otak mereka berkembang dan membuat mereka menjadi gesit/lincah. Waktu bermain kucing adalah hal yang paling menghabiskan waktu. Kucing akan stress bila mereka di kurung di dalam kandang terus dan tidak diajak bermain.Alangkah baiknya jika anda meluangkan waktu bermain dengan kucing kesayngan anda agar kucing anda tidak stess dan kucing anda juga sedikit berolahraga. Bila kita seorangyang sibuk dengan berbagai aktivitas, berkarir maupun sebagai pelajar.Alangkah bingungnya kita membagi waktu dengan kucing kesayangan anda. Bagi yang bekerja, setelah pulang dari kantor pasti sudah lelah dan segera ingin beristirahat, dan bagi pelajar tentunya juga disibukkan dengan waktu belajarnya. Oleh sebab itu kita harus membuat jadwal “scedule” agar waktu kebersamaan dengan kucing kesayangan anda termange. Berlaku jika anda hanya memiliki satu ekor kucing. Buatlah “Scedule aktivity” untuk kucing anda supaya kucing anda tidak merasa bosan.  Idealnya waktu bermain kucing -/+ sekitar 60 menit di pagi hari, dan disarankan agar kucing bermain di luar ruangan supaya bisa berjemur sinar pagi hari.
Contoh Sederhana “Scedule Activity” :
  • Waktu masuk bekerja/belajar biasanya sekitar pukul 07.30 s/d 08.00. Jika anda tipe orang yang membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkan diri (mandi, berdandan, sarapan) maka disaat kucing anda bermain, anda bisa meninggalkan kucing anda bermain sambil mempersiapkan diri maupun membersihkan kandang si kucing. Antara jam 05.30 s/d 07.00 adalah waktu yang tepat. Tetapi, saat meninggalkan kucing anda bermain, harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :
  •  Setelah kucing anda puas bermain, energi kucing akan banyak terkuras. Kita bisa langsung memberikan minuman dan makanan agar energi kucing anda pulih kembali
  •  Sekitar -/+ pukul 07.00 pagi, sebelum keberangkatan anda beraktifitas siapkan segala sesuatu untuk kucing anda, seperti mainan, litter box, dan makanan+minum yang cukup. Supaya saat anda meninggalkan kucing anda, kucing anda tidak merasa kesepian jika ingin bermain dan tidak kesusahan jika ingin BAB. Waktu tersebut cukup bila jarak tempuh ke kantor/sekolah anda tidak terlalu jauh.
  •  Sore hari setelah anda pulang dari kantor/sekolah, anda bisa beristirahat sejenak kucing anda biasanya masih tertidur pulas. Dan setelah itu anda bisa membersihkan kotak pasir kucing anda dan menggantinya dengan pasir yang baru.
  •  Malam hari gantilah air minum dan berilah makan kucing anda karena kucing merupakan binatang malam. Kucing mempunyai insting berburu di malam hari dan menghabiskan waktu siangnya dengan tidur untuk menyiapkan energinya berburu di malam hari. Atau ajaklah kucing anda bermain sebentar (di dalam ruangan) agar kucing anda juga beraktivitas setelah tidur seharian.

a. syarat lingkungan yang kondusif, seperti kucing anda tidak keluar dari gerbang rumah (gerbang harus selalu ditutup karena lalu-lalang kendaraan)
b. Syarat lingkungan yang bersih, karena lingkungan yang kotor bisa mempengaruhi kesehatan kucing anda seperti cacing, protozoa, dan jamur.
c. Lingkungan yang aman dari benda-benda yang membahayakan (benda-benda tajam, cairan kimia) kucing anda.
Jadi anda yang sudah berkomitmen dengan si Manis, tidak perlu khawatir lagi jika kucing anda akan stress karena terus-terusan di kurung di dalam kandangnya. Anda juga bisa sedikit membagi waktu dengan kucing kesayangan anda, kucing anda pun tentunya juga tidak akan bosan karena tidak ada waktu bermain.

Sumber

_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search