-->

Lebih Dekat dengan Ras Kucing

- November 20, 2012

Umumnya , ras terbentuk sudah dari asalnya atau akibat terjadi mutasi gen secara alami. Selain itu, ras juga dapat dibentuk sesuai dengan keinginan seseorang/pembiak melalui seleksi yang ketat. Karena menginginkan warna bulu yang cantik atau sesuai dengan keinginan mereka. Secara sederhana ras kucing dapat dibedakan berdasarkan kondisi bulunya, yaitu bulu pendek (shorthair), bulu sedang (semi-longhair), variasi semi-longhair, bulu panjang (longhair), dan bulu yang tidak umum.


A.Bulu Pendek (Shorhair)
a. Exotic
Exotic merupakan varasi dari ras persia berbulu pendek. Standar rasnya sama dengan Persia kecuali ukuran panjang bulunya. Pada awalnya pembiak di Amerika menyilangkan American shorthair jantan dengan kucing betina Persia sehingga dihasilkan keturunan dengan bulu pendek
b. Chartreux, Russian Blue, dan Korat
Ketiga ras ini sama-sama mempunyai warna bulu biru atau abu-abu. Ketiganya merupakan ras asli, tetapi berasal dari daerah yang berbeda. Chartreux berasal dari Prancis, Russian Blue berasal dari Rusia, dan Korat dari Thailand.
Manx adalah ras tanpa ekor, sementara Japanese bobtail memiliki bentuk ekor yang unik. Kedua ras ini sama-sama hasil dari mutasi gen. Selain bulu pendek, Japanese bobtail juga memiliki variasi bulu panjang.
d. Egyptian Mau, Ocicat, California Spangled, Bengal
Beberapa ras shorthair lainnya ada yang mempunyai pola bulu menyerupai wild cat, yaitu egytian mau,  ocicat, California spangled, dan Bengal.
Siamese dan Burmese adalah kucing asli dari Thailan.Persilangan dua ras ini menghasilkan ras baru yang dikenak sebagai ras tonkinese. Ras Siamese dikembangkan oleh pembiak kucing di Amerika sehingga menghasilkan ras baru yaitu Javanese dan Balinese. Penampilan kedua ras ini menyerupai Siamese, tetapi bulunya panjang. Sementara itu, ras snowshoe merupakan persilangan kucing Siamese dengan American shorthair yang dilakukan oleh seorag pembiak kucing Siamese di Philadelpia yang bernama Dorothy Hinds Daugherty. Ras snowshoe menyerupai ras sacred birman karena sama-sama mempunyai kaos kaki putih, tetapi bulunya lebih pendek.
Persilangan kucing Burmese dan chinchilla dilakukan di Great Britain yang menghasilkan ras baru, yaitu burmilla atau kependekan dari Burmese dan chinchilla. Bulu-bulu burmilla sedikit lebih panjang daripada Burmese.
f. British Shorthair, European Shorthair, dan American Shorthair
Kucing ini merupaan ras berbulu pendek yang berasal dari kucing domestic di daerah asalnya. Ketiga ras ini sulit dibedakan dan hanya dapat dilihat dari bentuk kepalanya. Badanya memiliki warna bulu sama Para hobiis lebih mengenal british shothair daripada european shorthair.
Orang menganggap bahwa kucing ras ini adalah ras tertua dan dipercaya sebagai ras keturunan dari zaman mesir kuno. Asal usulnya tidak diketahui dengan pasti, dianggap sebagai nenek moyang dari semua kucing domestic. Bulunya bervariasi dari pendek sampai panjang.


B. Bulu Sedang (Semi-Longhair)
Kucing ini merupakan ras tertua untuk jenis bulu panjang yang ditemukan sekitar abad ke-15 di kota Ankara (dulunya Angora) ibukota Turki. Warna asli kucing ras ini adalah putih. Sedangkan Turkish van mirip dengan Turkish angora dengan variasi warna solid dan dasar putih yang sangat unik. Warna kucing ini dikenal dengan istilah warna van.
Maine Coon merupakan ras asli yang ditemukan di Amerika Utara, diperkirakan di pantai timur sekitar Maine. Coon berasal dari kata raccoon Karena ekornaya menyerupai raccoon. Kucing ini termasuk ras besar  atau biasa disebut Giant-cat  karena berat badan kucing jantan bias mencapai 10kg.
c. Norwegian Forest dan Siberian Forest
Kedua jenis ini sama-sama dapat hidup pada temperature yang ekstrem dingin. Norwegian forest diduga merupakan persilangan british shorthair dengan kucing bulu panjang dan mempunyai ukuran tubuh lebih besar daripada maine coon. Sementara itu, Siberian foret pertama kali ditemukan di St. Petersburg (dulunya Leningrad), Rusia. Siberian foret mempunyai keahlian berburu.
Menurut legendanya, sacred birman merupakan jelmaan pendeta pada zaman sebelum Budha. Awalnya, kucing ini hidup di dalam kuil di lereng Gunung Lugh di Burma (Myanmar). Ciri khasnya adalah warna putih di ujung kaki-kakinya.
Ragdoll merupakan persilangan bulu panjang warna putih dengan sacred birman yang dikembangkan di Californiasekitar tahun 1960. Salah satu pola warnanya ada yang menyerupai sacred birman.

C.Variasi Semi-Longhair
Somali merupakan kucing ras Abyssinian dengan bulu panjang. Demikian juga cymric merupakan kucing ras manx dengan bulu panjang. Ras lain yang juga mempunyai variasi bulu panjang adalah scotish fold, American curl, American bobtail, dan Russian blue.

D. Bulu Panjang (Longhair)
Persia dikenal sebagai longhair-cat  atau ras kucing yang memiliki bulu panjang. Kucing ini berasal dari daratan Iran yang dibawa masuk ke Eropa pada abad ke-16. Pada zaman Ratu Victoria, kucing ini menjadi symbol keagungan dan kekayaan.

E. Bulu yang Tidak Umum
Beberapa ras kucing lainnya ada yang terbentuk dari hasil mutasi gen sehingga mempunyai bentuk bulu yang unik, bergelombang seperti dari keluarga rex, yaitu devon rex, Cornish rex, jerman rex, dan Selkirk rex. Sementara itu, ras American wirehair memiliki bulu yang kaku bagaikan kawat dan ras spynx sama sekali tidak memiliki bulu sehingga tampak telanjang.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search