-->

Kucing American Shorthair

- July 16, 2018

Kucing American Shorthair (ASH) berasal dari Amerika Serikat, merupakan salah satu spesies kucing dengan ukuran tubuh sedang sampai besar. Kucing American Shorthair memiliki fisik yang kuat, dengan garis-garis warna gelap. 

Kucing American Shorthair merupakan kucing dengan watak yang baik dan cerdas, memiliki sifat yang sangat ramah dan suka bergaul. Dia mudah beradaptasi, relatif tenang walaupun tidak setenang kucing Persia. Kucing American shorthair ini sangat sesuai untuk anak-anak dan dapat berteman baik dengan binatang lainnya (misalkan dengan anjing). Perawatannya relatif mudah dan merupakan kucing yang mandiri, sehingga sesuai untuk pemilik yang sibuk. Mereka umumnya diam duduk menikmati di samping pemiliknya, dibandingkan duduk di pangkuan pemiliknya. 



Kucing American Shorthair (ASH) merupakan keturunan/ perkembangan dari kucing ras European Shorthair dan kucing British Shorthair. Sejarah dan perkembangan ASH dimulai pada tahun 1620, ketika kucing rumahan pertama tiba di benua Amerika. Kucing tersebut dibawa oleh para pendahulu dari benua Eropa, naik kapal Mayflower, untuk membuat koloni baru di Amerika. 

Kolonisasi pertama dimulai di Amerika bagian utara. Begitu pula dengan ASH, perkembangan pertama berasal dari daerah amerika bagian utara yang beriklim keras. Kucing American Shorthair beradaptasi dengan baik dan secara bertahap mengikuti perkembangan manusia hingga menyebar ke seluruh benua Amerika dan dunia. 

Pada awalnya ras ini dikenal dengan sebutan kucing Shorthair saja, kemudian populer dengan sebutan Domestic Shorthair pada tahun 60-an. Akhirnya Pada tahun 1966 namanya diubah menjadi kucing American Shorthair dan sering disingkat dengan kucing ASH

Kucing American Shorthair (ASH) memiliki ukuran badan sedang sampai besar dengan kaki dan cakar yang kuat. Moncong berbentuk seperti kotak, seluruh badan ditutupi bulu pendek yang tebal, padat dan agak kaku. Berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin dan lembab. Bulu ini menebal pada musim dingin dan rontok pada musim semi. 

Meskipun termasuk kucing berukuran sedang-besar, kucing ini lebih ringan dan langsing bila dibandingkan dengan British Shorthair. 

Kucing American Shorthair memiliki telinga dengan ukuran sedang dan lebar, kemudian bagian ujungnya cenderung melengkung. Jarak antar telinga dekat. Kucing ASH ini termasuk salah satu kucing dengan kekuatan tubuh dan kesehatan yang baik. 

Warna dan pola warna kucing ASH sangat bervariasi. Kecuali warna colorpoint (seperti pada kucing siam), untuk kepentingan registrasi semua warna diakui. Warna yang cukup populer salah satunya adalah silver tabby. 
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search