-->

Anatomi endokrin (hormon) System pada Kucing

- November 20, 2012
dokter kucing


Kelenjar endokrin mengeluarkan sesuatu dari tubuh yang disebut hormon. Setelah diproduksi, hormon memasuki aliran darah dan menghasilkan efek di dalam tubuh. Tidak semua sel dalam tubuh dipengaruhi oleh hormon, dan hanya beberapa sel dari organ tertentu mungkin merespon hormon tertentu.

Beberapa hormon mengontrol pelepasan hormon lainnya. Misalnya,kelenjar hipofisis yang terletak di dasar otak menghasilkan banyak hormon. Hormon ini bertindak atas kelenjar lain seperti kelenjar adrenal dan menyebabkan mereka untuk melepaskan hormon mereka sendiri. Kelenjar hipofisis disebut “kelenjar master” karena menyediakan lebih banyak jenis hormon daripada kelenjar lainnya. Hormon pituitari mengontrol pelepasan hormon dari kelenjar endokrin lainnya, termasuk tiroid, paratiroid, adrenal, ovarium, testis, dan pankreas.

Kelenjar pituitary memproduksi hormon pertumbuhan yang mengendalikan pertumbuhan prolaktin, yang merangsang kelenjar susu untuk
menghasilkan susu, dan thyroid-stimulating hormone (TSH), yang merangsang kelenjar tiroid. Hormon luteinizing (LH) dan follicle-stimulating hormone (FSH) adalah dua hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis yang mengendalikan siklus panas dan ovulasi. Kelenjar hipofisis juga memproduksi hormon adrenokortikotropik (ACTH) yang menyebabkan kelenjar adrenal untuk memproduksi hormon kortisol dan lainnya,melanosit-stimulating hormone (MSH), yang mempengaruhi pigmen, dan hormon antidiuretik (ADH) yang mengatur metabolisme air.

Kelenjar tiroid, memproduksi hormon sendiri yaitu tiroksin. Ovarium setelah distimulasi oleh FSH dan LH dari hipofisis, terutama memproduksi progesteron dan estrogen. Testis memproduksi testosteron. Pankreas memproduksi hormon yang paling terkenal dari semua insulin, yang mengatur gula darah. Kelenjar adrenal, jika dirangsang oleh hormon hipofisis, ACTH, menghasilkan steroid alami yang disebut kortikosteroid, mineralokortikoid, dan steroid seks adrenal.

Seperti yang dapat dilihat, hormon memainkan peran yang sangat kompleks dalam mengatur fungsi tubuh.

Sumber

_____sincerely____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search