-->

Kucing Domestic Shorthair

- October 23, 2012


Kucing Domestic Shorthair (DSH) sebenarnya bukan merupakan ras tertentu, seperti halnya kucing Domestic Longhair atau Domestic Medium-hair (DLH/DMH). 

Kucing Domestic Shorthair (DSH, Domestic Shorthaired) merupakan jenis kucing berbulu pendek di luar semua ras kucing yang ada. Untuk versi bulu panjang/medium dinamakan kucing Domestic Longhair/Medium-hair (DSH/DMH). 

Lebih dari 99% kucing di dunia termasuk dalam kelompok kucing ini (kucing Domestic Shorthair dan Longhair), dan kurang dari 1% untuk jenis ras lainnya. 

Yang memberi nama "kucing Domestic" adalah CCCA (Co-Ordinating Cat Council of Australia), sedangkan asosiasi/organisasi lainnya memberi nama yang berbeda, antara lain :

  • FIFe memberi nama House Cat Shorthair
  • WCF dan TICA memberi nama Household Pet (Shorthair dan Longhair)
  • AACE dan SACC memberi nama Household Pet (Shorthair dan Longhair)
  • ACF dan WNCA memberi nama Companion Cat (Shorthair dan Longhair)

Jenis/kelompok kucing Domestic Shorthair ini muncul si hampir semua negara di dunia. Hal ini dikarenakan terdapat sangat banyak kucing berbulu panjang atau medium yang awalnya tidak dapat diikutkan dalam kontes kucing, lantaran ketidakjelasan ras/jenis atau asal-usul kucing tersebut. 

Kucing ini mayoritas muncul akibat "kecelakaan kawin silang", yaitu kawin silang yang tidak disengaja dari dua ras kucing. Kemudian

kucing-kucing ini kawin dengan kucing lainnya (baik kucing yang memiliki ras tertentu atau pun kucing sejenis), sehingga menghasilkan berbagai kucing yang tidak mempunyai ras tertentu. Itulah yang membuat kenapa jumlah kelompok ini lebih dari 99% kucing di dunia. 


_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search