-->

Kucing Australian Mist

- October 23, 2012

Kucing ras Australian Mist ini (sebelumnya dikenal sebagai Spotted Mist), awalnya dikembangkan di negara Australia. Ras Australian Mist merupakan kucing hasil kawin silang ras Abyssinian, ras Burmese dan kucing Domestic Shorthair. Tadinya penyilangan ini diharapkan diperolehnya ras kucing bulu pendek dengan pola warna spot saja, namun ternyata muncul pola warna lainnya seperti classic tabby dan ticked. Persilangan ini membuahkan hasil positif, yaitu terbawanya kualitas ras Abyssinian dan Burmese pada kucing Australian Mist. 


Sifat kucing ini menyerupai kucing abyssinian maupun kucing burmese. Sehingga kucing Australian Mist mempunyai kecerdasan tinggi, senang berada di sekitar manusia, selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan pemiliknya, aktif, suka bermain, dan merupakan kucing yang ramah. Serta merupakan salah satu kucing yang paling setia pada pemiliknya. Kucing Australian Mist juga mudah dilatih untuk melakukan sesuatu. 

Kucing ras Australian Mist bertubuh medium (moderat), termasuk jenis shorthair (berbulu pendek), dengan warna spotted, classic tabby, dan ticked (bintik2). Perubahan nama dari "Spotted Mist" menjadi "Mist Australia" terjadi pada tahun 1998. 

Tahun 1988, terdapat sekitar 50 breeding cats dengan 200 kucing Australian Mists yang mengikuti program pengembang-biakan kucing tersebut. Saat ini lebih dari 100 breeding cats dengan lebih dari 1500 kucing Australian Mists yang mengikuti program pengembang-biakan tersebut di Australia. 

Mengenai pola warna kucing ini dapat dilihat pada ketentuan standardnya di bawah ini. 

Sepintas Perjalanan Sejarah 

    • 1977 :
      Dr. Truda Straede, originator dari kucing Australian Mist mengajukan proposal ke Royal Agricultural Society of NSW Cat Control (RASCC).
    • 1980 :
      RASCC mengakuinya dan terdaftar sebagai kucing percobaan.
    • 1986 :
      RASCC memberi status grant champion, dengan nama kucing ras Spotted Mists.
    • 1998 :
      Terdaftar, diakui dan memperoleh status grant championship dari RASCC serta Waratah State Cat Alliance (WNCA) dengan nama kucing ras Australian Mist.
    • 1999 :
      Terdaftar, diakui dan memperoleh status grant championship pada organisasi/asosiasi the New Zealand Cat Fancy (NZCF).
    • 2004 :
      Terdaftar, diakui dan memperoleh status grant championship pada organisasi/asosiasi World Cat Federation (WCF) dan United Feline Organization (UFO).
    • dsb-nya.


_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search