-->

Kucing Abyssinian

- October 23, 2012

Kata Abyssinian berasal dari bahasa Ethiopia, yang merupakan negara asal jenis kucing ini. Pemurnian awal kucing ras Abyssinian ini dilakukan di Inggris. 

Kucing Abyssinian ini merupakan salah satu kucing shorthair (berbulu pendek) yang paling populer di USA (Amerika Serikat). 

Kucing ras Abyssinian adalah salah satu ras kucing tertua yang pernah diketahui. Penampilan kucing ini menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman mesir kuno. Tubuh berotot, lengkungan leher dan bahu yang indah, telinga besar dan mata dengan bentuk menyerupai almond. 

Kucing Abyssinian berukuran sedang, langsing dan anggun dengan bulu pendek. Kaki panjang dan langsing. Kepala berbentuk segitiga dengan sudut-sudut kepala agak membulat. Salah satu ciri khas Abyssinian adalah pola warna bulu yang berbintik-bintik kabur/transparan. Pola warna ini sering disebut Ticked Agouti. 


Kucing ras Abyssinian mempunyai kecerdasan tinggi. Kucing ini senang berada di sekitar manusia, selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan pemiliknya, aktif, suka bermain, dan kucing yang ramah. Kemungkinan besar tidak ada kucing yang lebih setia pada pemiliknya selain Abyssinian. 

Kucing Abyssinian juga mudah dilatih untuk melakukan sesuatu. 

Dewasa ini kucing Abyssinian masih

mempunyai bentuk yang mirip dengan Felis lybica, kucing liar afrika yang merupakan nenek moyang kucing domestik. 

Pada zaman mesir kuno, kucing ras ini dianggap sebagai kucing keramat. Bangsa mesir kuno melarang perdagangan ras kucing ini, bahkan mendirikan kuil khusus untuk memujanya. Mumi kucing Aby juga banyak ditemukan pada makam-makam bangsa mesir kuno. Ketika bangsa Romawi menguasai mesir, kucing ras Abyssinian dibawa ke Inggris untuk melindungi ladang gandum dari tikus. 

Kucing ini pertama kali mengikuti show di Inggris Pada tahun 1871, dan kucing ini diimpor dari Ethiopia setelah ditangkap pada akhir perang Abyssinia. 

Sekitar tahun 1900-an kucing Abyssinian pertama kali diimpor ke Amerika Utara, namun saat itu kualitasnya belum begitu baik. Baru pada tahun 1930 diimpor kucing Abyssinian yang berkualitas baik. 

Kucing Aby atau Abyssinian yang paling awal diidentifikasi berada di Museum Zoologi Leiden (Belanda). Museum yang berada di Belanda ini menuliskan bahwa Kucing Aby dibeli sekitar tahun 1834-1937 dari pedagang kucing liar di India.



_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search