-->

Susu Sapi Untuk Kucing

- May 29, 2012


Beberapa cat lover memberikan susu untuk kucingnya dengan alasan kucing menyukai dan di dalam susu terdapat banyak kandungan nutrisi.  Ternyata , walupun disukai, jenis susu untuk manusia yg diberikan pada kucing, seringkali justru menimbulkan diare.  Kenapa demikian? Pada dasarnya kucing tidak memerlukan susu (kecuali susu dari induknya). Susu berlaktosa seperti  susu sapi segar tidak dapat dicerna oleh kucing.

Laktosa adalah gula susu yang merupakan salah satu komponen khas dalam susu bersama trigliserida (lemak susu) dan kasein (protein susu). Untuk mencerna laktosa, pencernaan harus menggunakan enzim laktase. Sayangnya, pencernaan yang dimiliki oleh kucing tidak dapat memproduksi enzim ini sehingga laktosa tidak terurai, butiran laktosa lakosa akan tertinggal di muka lubang usus halus dan menyerap banyak air dari sekitarnya sehingga menimbulkan diare. Bakteri pun mudah menyerang usus dan menyebabkan fermentasi dalam jumlah besar untuk membentuk gas. Akibatnya kucing akan merasakan rasa sakit yang luar biasa pada perutnya.

Ada beberapa pencernaan kucing yang
akhirnya menjadi kebal terhadap laktosa, sehingga kucing tidak menjadi diare atau pun perut kembung. Hal ini tidak juga berarti baik, karena pencernaan kucing mengalami gangguan yang tidak terlihat sehingga fungsi kerjanya menurun.

Jika memang sangat harus memberikan kucing susu, maka berikan susu yang tidak mengandung laktosa yang bisa dibeli di petshop atau dokter hewan, tetapi memang harganya lebih mahal dari susu sapi. Lazimnya, kucing hanya membutuhkan susu ketika usianya tergolong bayi 1 – 42 hari. Kesimpulannya,  tidak semua makanan yang baik bagi kita, baik juga bagi kucing kesayangan kita.

Sumber

_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search