-->

Pet Quality of Cat

- March 03, 2012


Pet Quality adalah kucing yang tidak seluruhnya memenuhi standar, baik kesempurnaan genetic, warna, maupun bentuk tubuhnya. Umumnya kucing seperti ini (pet quality) dipelihara dengan tujuan HANYA untuk kesenangan atau hobby saja;
  • atau hanya untuk menyalurkan kasih sayang;
  • atau sebagai cara efektif untuk mengurangi ketegangan saraf atau stress;
  • atau untuk menghangatkan suasana rumah;
  • atau untuk teman bermain seluruh keluarga, termasuk anak-anak;
  • atau untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak, meningkatkan kemandirian anak-anak;
  • atau sekedar untuk pendidikan anak agar menyayangi binatang;
  • dsb.

Pet Quality, hasil kawin silang ras Persian dng Angora
Pet Quality, hasil kawin silang ras Persian dng kucing pet quality.
Terdapat 3 kelompok Kucing Pet Quality, sbb :

Kelompok Pertama
Kucing yang keturunan dan silsilahnya jelas, namun karena kedua induknya berbeda ras (kawin silang), maka keturunannya menjadi tidak mempunyai ras tertentu. Dan ada juga yang menyebutnya sebagai ras baru, namun setiap ras baru (hasil kawin silang), akan diakui setelah beberapa generasi dari ras terkait menunjukkan hasil yang sama dengan ras baru tsb.

Kelompok Kedua

Kucing yang SALAH SATU induknya masuk kategori pet quality, sehingga anaknya turut masuk kategori pet quality (walaupun induk yang satunya kategori breed quality).

Kelompok Ketiga
Kucing yang memang tidak jelas keturunannya, juga tidak jelas silsilahnya.

Jadi, kucing ini mayoritas muncul akibat "kecelakaan kawin silang", yaitu kawin silang yang tidak disengaja dari dua ras kucing.
Kemudian kucing-kucing ini kawin dengan kucing lainnya (baik kucing yang memiliki ras tertentu atau pun kucing sejenis), sehingga menghasilkan berbagai kucing yang tidak mempunyai ras tertentu.

Itulah yang membuat kenapa jumlah kelompok ini lebih dari 99% kucing di dunia (berdasarkan penelitian, dari seluruh kucing di dunia, 99% lebih adalah Pet Quality, dan kurang dari 1% adalah Breed Quality atau Show Quality).

Jumlah Pet Quality menjadi sangat dominan, dikarenakan selain faktor di atas, juga dikarenakan hanya sebagian kecil saja penggemar kucing yang memelihara kucing untuk dikembang-biakkan sekaligus benar-benar menjaga "ras/jenis" kucing tersebut. Sedangkan sebagian besar penggemar kucing memeliharanya hanya untuk kesenangan, untuk menyalurkan kasih sayang, untuk pendidikan anak agar menyayangi binatang, dsb.

Kucing Pet Quality ini walaupun tidak memiliki ras tertentu, namun sebagian organisasi/asosiasi kucing tetap mengakuinya dan melombakannya. Kucing ini juga memiliki standard umum dengan nama tertentu, antara lain :
  • CCCA memberi nama Domestic Cat (Shorthair dan Longhair)
  • FIFe memberi nama House Cat (Shorthair dan Longhair)
  • TICA, WCF, AACE dan SACC memberi nama Household Pet (Shorthair dan Longhair)
  • ACF dan WNCA memberi nama Companion Cat (Longhair dan Shorthair)

Sebagaimana telah dijelaskan sebagian asosiasi/federasi/organisasi internasional memiliki standard (breed standard atau SOP = Standard Of Points) kucing Pet Quality ini.

Di bawah ini adalah Asosiasi/federasi internasional yang memiliki standard kucing ini :

    • TICA - The International Cat Association
    • CCCA - Co-Ordinating Cat Council of Australia
    • ACF - Australian Cat Federation
    • WCF - The World Cat Federation
    • WNCA - Waratah National Cat Alliance
    • FIFe - Federation Internationale Feline
    • SACC - Southern Africa Cat Council

Pet Quality, hasil kawin silang ras Persian dng ras lainnya.
Pet Quality, hasil kawin silang ras Persian dng kucing pet quality.
Dari segi keindahan kucing, sulit untuk dinilai lebih indah yang mana antara Pet Quality dengan Breed Quality. Hal ini dikarenakan "keindahan" erat kaitannya dengan "selera seseorang".
Si A bilang kucingnya lebih bagus dibandingkan milik si B, namun bagi si B kucingnya justru yang paling indah, paling lucu, paling menyenangkan, dsb.

Dari segi harga, Pet Quality secara umum relatif tidak mahal, bahkan cenderung murah (bisa "hanya" ratusan ribu saja harganya). Namun ada banyak juga Pet Quality yang mahal dari perkawinan silang yang berhasil dan menghasilkan kucing yang lebih indah atau yang "aneh' (berbeda dengan umumnya).

Setiap kucing Pet Quality tentunya harus memiliki dokumen/surat Sertifikat Vaksinasi, yang menunjukkan kucing tersebut telah memenuhi syarat kesehatan minimal, yaitu sudah divaksinasi dengan benar.

Jadi bagi penyayang kucing pemula yang ingin memiliki kucing hanya untuk kesenangan/hobby saja, atau hanya agar di rumah ada hewan peliharaan yang dapat menggenbirakan penghuni rumah sekaligus melindungi rumah dari hewan melata (ular, dsb) atau pengerat (tikus, dsb). Maka beli saja kucing Pet Quality yang relatif murah namun memenuhi tujuan tadi.

Sumber


_____sincerely_____ 
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search