-->

Proporsional dalam Memperlakukan Kucing Kita

- February 17, 2012
Bahwa selama ini banyak masukan yang saya dapatkan dari teman-teman komunitas kucing tentang beberapa hal yang maksudnya adalah baik, tapi saya coba uraikan “Apa alasan” dari penerapan hal-hal tersebut, namun beberapa rekan bahkan belum bisa menjawabnya. Hal tersebut antara lain   :

1. Mengapa selalu indukan betina yg baru melahirkan selalu disuntik dengan suntikan oxytocin setelah sebelumnya diberikan antibiotik   amoxsan 1/2 tablet. Sedangkan di kota lain di beberapa dokter digunakan nama methergin dan diberikan obat resep selama seminggu setelahnya dengan penjelasan bahwa biasanya stlh melahirkan terjadi perlukaan di dinding rahim akibat proses kontraksi dari si induk sehingga dibutuhkan obat resep tersebut untuk mengurangi perdarahan/perlukaan di dinding rahim sehingga mempercepat proses penyembuhan dari si induk. Saya mengajak kepada rekan2 sesama pecinta kucing untuk menjadi kritis terhadap segala macam obat yg masuk ke tubuh kucing kita mengingat hidup mereka tergantung sepenuhnya pada racun atau obat yg kita berikan kpd mereka tanpa mereka bisa menolak (dalam hal ini obat apapun ya yg dikonsumsi oleh kucing2 kita).

2. Mengapa pula kita harus sangat sangat sangat ekstra mengurung indukan betina kita yang sedang bunting dengan harapan si bayi kan lahir selamat semua, padahal sama2 kita ketahui bahwasannya seketat apapun perlakuan kita pada mereka, hendaknya jangan sampai membunuh kebahagiaan dan kodrat mereka sebagai KUCING.
Bahwa dimana2 yang namanya kucing pasti hoby meloncat2 meski untuk jenis persia tidak seagresif ras yang lain. So sewajarnya saja, terlepas dari harga persia2 kita yang tidak murah (bahkan sangat mahal) saya yakin mereka menginginkan karakter mereka sebagai binatang tidak dikebiri. Karena beberapa betina saya dalam kondisi bunting tua saya coba untuk lepaskan mereka beberapa jam sehari, dan diantara mereka ada yang lompat hingga 2 meter dan jatuh beberapa kali (dan ini tjd di beberapa betina low, tidak hanya 1 betina bunting saja)toh mereka bisa melahirkan dgn baik dan anaknya  Alhamdullillah sehat semua. Bukan saya bermaksud tidak menjaga indukan yg bunting, tetapi saya mencoba menempatkan segala sesuatunya secara proporsional, yg wajar2 saja.

3. Selama ini ada keluhan dari rekan2 tentang harga susu formula kucing yang sedemikian mahalnya (200rb-an) mengalahkan susu formula bayi manusia. Padahal kebutuhan akan susu ini tidak satu dua hari saja melainkan selama beberapa bulan dan itu untuk banyak anakan/ bayi terutama yang tidak terpenuhi susunya dari  indukan dikarenakan beberapa hal. Pada dasarnya kita bisa kok menggunakan susu formula bayi merk apapun yang BEBAS LAKTOSA, krn unsur inilah yg membuat bayi kucing (kitten) mencret. Untuk lebih amannya bisa kita gunakan susu soya /kedelai yang benar2 bebas laktosa. Dengan harga yg jauh lebih murah tapi unsur gizi & proteinnya ternyata sangat membantu pertumbuhan kucing2 kita, terutama meringankan kocek kita.

Sumber

_____sincerely_____ 
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search