-->

Masalah cakar kucing dengan perkakas

- February 18, 2012
Ada perilaku kucing yang sering membuat kita jengkel yaitu suka mencakar-cakar perkakas rumah tangga sehingga menimbulkan goresan. Mengapa itu tejadi? jawabannya ada pada artikel tentang kucing kita kali ini!
Seperti halnya perilaku hewan pengerat yang teramat suka menggerogoti dinding, kucing juga suka mencakar perkakas. Mengapa ini dilakukan? karena kucing sangat butuh untuk meruncingkan cakar mereka.
Tahukah anda apa yang menyebabkan perilaku kucing ini?
Cakar kucing tidak akan pernah berhenti tumbuh seperti halnya kuku manusia. Tapi apa yang sebenarnya meraka lakukan saat meruncingkan cakar  (saat mencakar perkakas).Tujuan utamanya bukan untuk meruncingkan cakar namun untuk menghilangkan lapisan luar yang terdapat pada cakar kucing.
Walau begitu sebagian orang akan menganggap sifat kucing yang alamiah ini adalah masalah, karena saat meraka meruncingkan cakar, otomatis juga akan mencakar perkakas atau karpet mereka.
Dan biasanya jalan yang diambil adalah dengan memotong cakar kucing tersebut.
Saya sendiri tidak menganjurkan untuk memotong cakar kucing, karena dapat menghilangkan ciri kucing itu sendiri dan juga terlebih akan menghilangkan kemampuan bertahan dari si kucing.
Lalu bagaimana apakah kita akan membiarkan sifat kucing yang suka mencakar perkakas ini dibiarkan atau memotongnya? Hmm…lebih baik kita ambil jalan tengah saja
Caranya adalalah dengan membuat tempat khusus yang dibuat supaya kucing dapar mencakar sesukanya. Artinya biarkan kucing anda mencakar di tempat itu sehingga perkakas anda aman dari si kucing.

OK! lalu bagaimana membuat tempat khusus mencakar itu…..Apa sama dengan cara membuat kandang kucing. Tentu tidak!
Carilah tempat yang tidak ada perkakasnya (atau paling tidak sedikit). Gantungkan kaos kaki kotor boleh milik anda, adik, ayah, ibu atau siapapun yang penting kotor. Gantung saja selama satu hari penuh sebelum kucing kita suruh mencakarnya. Taburkan juga catnip (tanaman permen yang disukai kucing). Selesai..
Benar! Hanya dibutuhkan sebuah tempat kosong dan kaos kaki kotor saja untuk membuat tempat khusus pencakaran kucing.
Sedangkan daerah atau perkakas yang sering dicakar kucing bisa ditaburkan jus lemon segar diatasnya, bungkus mereka atau tutupi dengan alumunium foil. Tapi jika kerepotan tutup saja pintu supaya kucing tidak dapat masuk ke tempat perkakas rumah tangga.

Sumber

_____sincerely_____ 
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search