-->

Kucing Siamase (Siam)

- July 16, 2018
Kucing Siamese termasuk kucing kuno yang berasal dari negara yang bernama Siam (sekarang bernama Thailand), sehingga sering disebut kucing Siam, kucing Thailand, atau kucing Thai. Banyak legenda mengenai kucing ini, khususnya pada zaman kuno sebagai penjaga candi Buddhis yang hanya dimiliki para imam. Pada akhir tahun 800-an kucing ras ini pertama kali diekspor dari negeri Siam (Thailand) secara resmi.

Kucing Siam yang pertama kali muncul di Inggris adalah hadiah dari Siam untuk seorang duta besar. Kemudian ras ini mulai dikembangbiakan pada abad 19 dan muncul di berbagai kontes kucing di inggris pada awal abad 20, dan sekarang telah menyebar ke seluruh dunia.

Sifat dari Kucing Siamese atau kucing siam ini adalah selalu ingin tahu dan hiperaktif, cenderung menjadi ingin diperhatikan. Sehingga ketika diabaikan cenderung berisik, namun sangat menyenangkan. Mereka suka membelai dan dibelai, sangat setia dan dekat dengan penghuni rumah. Mereka sangat cerdas dan penuh kasih sayang.

Kucing siam mempunyai bentuk tubuh yang langsing dan anggun dengan warna kontras di ujung-ujung tubuh seperti kaki, ekor, telinga, mulut, hidung dan sekitar mata (colour point). Kepala relatif kecil, berbentuk segitiga dengan moncong yang mancung, mata biru dihiasi dengan telinga yang lebar. Bentuk tubuh yang panjang, langsing berotot ini dibungkus dengan bulu pendek dan halus.

Pada awalnya warna yang dikenal adalah Seal point, seiring dengan perkembangan breeding muncul warna-warna baru seperti chocolate point, blue point, lilac point, caramel point,cinnamon point, fawn point, red point, cream point, tortie point, tabby point. Demikian juga dengan bentuk tubuhnya, sudah banyak yang tidak langsing
Pada akhir tahun 800-an kucing ras ini pertama kali diekspor dari Thailand (saat itu dikenal dengan nama Siam) secara resmi. Kucing siam mempunyai bentuk tubuh yang langsing dan anggun dengan warna kontras di ujung-ujung tubuh seperti kaki, ekor, telinga, mulut,hidung dan sekitar mata (colour point). Kepala relatif kecil, berbentuk segitiga dengan moncong yang mancung, mata biru dihiasi dengan telinga yang lebar. Bentuk tubuh yang panjang, langsing berotot ini dibungkus dengan bulu pendek dan halus Kucing ras ini mempunyai sifat aktif dan selalu ingin tahu, kadang-kadang bisa sedikit berisik. Kucing Siam yang pertama kali muncul di Inggris adalah hadiah dari Siam untuk seorang duta besar. Kemudian ras ini mulai dikembangbiakan pada abad 19 dan muncul di berbagai kontes kucing di inggris pada awal abad 20. Pada awalnya warna yang dikenal adalah Seal point, serirng dengan perkembangan breeding muncul warna-warna baru seperti chocolate point, blue point, lilac point, caramel point, cinnamon point, fawn point, red point, cream point, tortie point, tabby point.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search