-->

Kucing Scottish Fold (Coupari)

- February 20, 2012





Kucing Scottish Fold berasal dari Skotlandia, penampilannya seperti burung hantu dengan mata yang besar, sehingga sering disebut juga Kucing Coupari. Awalnya kucing ini dinamakan Flops (singkatan dari Floppy ears), nama Scottish Fold baru berkembang tahun 1966 sampai sekarang. Sedangkan kucing tersebut mulai berkembang biak dengan pesat sejak tahun 1970-an.

Ciri utama lucing Scottish Fold Cat adalah bentuk telinganya yang berbeda dengan jenis kucing lainnya. Kucing ini memiliki telinga yang terlipat. Kucing ini adalah hasil mutasi, yang membuat telinganya terlipat dan turun kedepan, membuat wajah kucing ini mirip seperti burung hantu.

Kucing ini termasuk kucing yang tidak rewel, ramah dan tenang. Yang pasti penampilan kucing ini nampak lucu, dengan tubuh yang kekar, kaki cukup pendek, bulunya tebal seperti mantel, dan mata lebar. Telinganya membungkuk ke depan dan ke bawah ke arah depan kepala mereka. Warna bulunya bermacam-macam.

Nenek moyang dari kucing ini adalah seekor kucing bernama Susie, yang lahir di Coupar Angus, Perthshire, Skotlandia, pada tahun 1961. Susie memiliki telinga terlipat, yang diturunkan pada sebagian anak kucing yang dilahirkannya. William Ross, penggemar kucing yang tinggal di wilayah peternakan tersebut kemudian mengembang-biakkan kucing jenis ini, dengan bantuan Pat Turner seorang ahli genetika.

Dari pengembangbiakkan ini rata-rata didapat 55% kucing terlahir dengan telinga terlipat dan sisanya lahir dengan telinga normal. Kucing jenis ini saat terlahir, mempunyai telinga yang normal (lurus), barulah setelah tiga minggu tampak telinganya mulai terlipat. Sehingga pada awal kelahirannya belum dapat langsung diketahui apakah telinganya akan terlipat atau normal. Para penggemar kucing menyukai Scottish Fold, karena sifatnya yang jinak, lekat dengan majikannya, dan suka tidur dalam posisi telentang. Bila tidur telentang, terkadang kucing ini mendengkur seperti manusia.

Untuk kucing Scottish Fold yang berbulu panjang menjadi ras tersendiri dinamakan Highland Fold atau Scottish Fold Longhair atau Longhair Fold.

Sumber

_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search