-->

Kucing Manx (Rumpy)

- February 20, 2012





Kucing ras Manx atau sering disebut juga ras Rumpy adalah kucing yang mengalami mutasi genetik. Mutasi ini berhubungan dengan perkembangan tulang punggung. Gen tanpa ekor bersifat dominan (menutupi/mengalahkan gen ekor normal). Kucing Manx ini berbulu pendek (shorthair), namun ada Manx yang berbulu panjang (semilonghair dan longhair) dan membentuk ras tersendiri yang disebut ras Cymric.

Kucing Manx dan Cymric berasal dari pulau kecil di Inggris yang bernama Isle of Man. Ciri dan sifat kedua kucing ras ini pada dasarnya sama, yang membedakannya hanya pada panjang bulunya. Kalau kucing Cymric berbulu panjang, sedangkan kucing Manx berbulu pendek.

Kucing Manx termasuk salah satu ras kucing tertua yang pernah terdaftar. Kucing ras ini juga merupakan ras yang terbentuk secara alami. Ciri utamanya adalah ekor pendek atau tanpa ekor sama sekali.

Di kedokteran terdapat istilah "Sindrom Manx" yang digunakan untuk menunjukan gangguan atau kelainan genetik tulang punggung pada manusia dan hewan lainnya.

Perkembangbiakan Manx harus diawasi dengan ketat. Manx mempunyai dua gen ekor pendek (homozigot) biasanya mati dan keguguran karena kelainan tulang punggung. Janin kucing yang mati biasanya dikeluarkan dalam keadaan waktunya lahir. Oleh karena itu seorang breeder harus hati-hati bila mengawinkan dua ekor manx/cymric tanpa ekor. Hal yang serupa juga terjadi pada ras Scottish fold yang mengalami mutasi genetik pada tulang rawan.

Kucing ras Manx sebenarnya sudah dikenal di Inggris sebelum lahirnya Cat Fancy di negara tersebut yaitu pada tahun 1870, namun mulai populer tahun 1920, sedangkan di Amerika Serikat mulai populer tahun 1930.

Kucing Manx merupakan kucing yang aktif dan senang bermain. Kucing ini dapat meloncat lebih tinggi dari yang dapat kita bayangkan. Kemampuan ini didukung pinggul dan kaki belakang yang kuat. Kucing Manx dan Cymric juga dikenal sebagai "one person cat" atau "one family cat". Sekali ia terikat dan hidup bersama satu orang atau satu keluarga, biasanya agak sulit untuk hidup dan beradaptasi dengan orang atau keluarga lain.

Kucing ras Manx suka megikuti dan mengelilingi pemiliknya. Kucing ini mampu beradaptasi dengan binatang lain di lingkungannya, mereka sangat menyukai manusia, loyal dan sangat setia kepada pemiliknya. Kucing ini sangat suka bermain, lucu dan sangat menyenangkan, juga suka terhadap air, sehingga mudah bahkan suka dimandikan.

Ada tiga bentuk ekor yang dihasilkan yaitu : rumpy/dimple rumpy, tanpa memiliki ekor sama sekali (boleh ikut show); Riser/rumpy riser mempunyai sedikit ekor dipangkalnya; Stumpy, memiliki ekor parsial,lebih panjang dari rumpy tapi lebih pendek dari longy; Longy, panjang ekor normal.

Ukuran badan kucing cymric relatif pendek dibandingkan ras lain, dengan dada lebar dan tulang punggung melengkung sampai pinggul. Letak pinggul lebih tinggi dari bahu karena kaki belakang lebih panjang dan lebih kuat dari kaki depan.

Ciri khas lain adalah kepalanya bundar dengan pipi menonjol. Warna hidung senada dengan warna bulu. Leher pendek dan tebal dan mata besar, bulat meskipun warnanya tidak senada dengan warna bulu. Ukuran telinga sedang, bagian bawah melebar dengan ujung melengkung, letak keduanya berjauhan.

Bulunya manx terdiri dari dua lapis, pendek dan tebal. Hampir semua warna diakui seperti colourpoint, bicolour, solid dan tabby.

Sumber

_____sincerely_____
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search